LPS Ajak Masyarakat Jangan Ragu Menabung di Bank, Dijamin Negara

  • Bagikan
TABUNGAN MASA DEPAN. Sejumlah siswa SDN 05 Salame menabung di mobil kas bank pemerintah daerah di Kota Palopo, Kamis 31 Agustus 2023. Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengimbau masyarakat untuk tidak ragu menabung ke bank, karena negara menjamin atas semua risiko yang terjadi. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID JAKARTA — Masyarakat terus diimbau Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) agar tidak ragu menabung di perbankan karena dijamin oleh negara atas semua risiko yang mungkin terjadi selama memenuhi ketentuan.

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa menuturkan pihaknya menjamin nilai simpanan yang ditabung masyarakat paling tinggi sebesar Rp2 miliar per nasabah per bank.

“Jadi kalau Anda punya uang Rp2 miliar nabung di bank pasti aman, jangan ditaruh di bawah kasur,” kata Purbaya belum lama ini.

Purbaya menyampaikan apabila masyarakat memiliki tabungan senilai Rp4 miliar, maka tabungan tersebut dapat dibagi menjadi dua rekening ke dua bank. Begitu pula dengan nominal lainnya. “Uang Anda pasti aman, saya jamin 100 persen,” katanya.

Lebih lanjut, Purbaya mengungkapkan LPS telah memiliki kekayaan sekitar Rp210 triliun. Dana ini digunakan sebagai jaminan dana mengganti dana masyarakat jika kondisi terburuk, yakni bank tutup, terjadi.

“Jangan takut untuk menabung di bank, karena beda dengan dulu. Kalau dulu engga semua dijamin, kalau sekarang sampai Rp2 miliar dijamin [oleh LPS],” katanya. (int)

  • Bagikan