Mulai Sekarang, Hentikan Kebiasaan Tidur di Dekat HP, Ini Bahayanya Lho

  • Bagikan
Tidur dekat HP. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Mungkin kita sering melakukannya. Yakni, tidur bersama dengan HP. Salah satu bahaya tidur berdekatan dengan HP adalah bahaya radiasi yang dipaparkan oleh perangkat HP tersebut.

Radiasi dapat mempengaruhi kesehatan salah satunya dapat menimbulkan masalah pada kesehatan seperti Insomnia atau ganguan tidur.

Selain itu, kebiasaan tidur berdekatan dengan HP dapat juga mengganggu kualitas tidur karena menyimpan HP di dekat kasur maka secara tidak langsung rasa ingin bermain HP itu akan terus muncul yang disebabkan rasa ingin tahu secara terus menerus.

Hal itu menyebabkan awal mulanya manusia memiliki gejala-gejala Insomnia.

Lantas apa saja efek tidur berdekatan dengan HP bagi kesehatan?

Meningkatkan Risiko Kanker

Hingga saat ini, penelitian tentang bahaya radiasi HP dapat memicu penyakit kanker masih berlanjut.

Namun, perangkat HP menggunakan Radio Frequency untuk bekerja, yang mana radiasi ini dapat mempengaruhi suhu tubuh manusia sehingga dapat memicu kerusakan jaringan pada tubuh manusia.

Akan tetapi, radiasi HP tidak memiliki cukup energi yang dapat merusak jaringan dalam tubuh.

Karenanya, belum dapat dipastikan bahwa radiasi HP dapat menyebabkan risiko penyakit kanker.

Walaupun demikian, lebih baik kita tetap membatasi penggunaan HP menjelang tidur guna menghindari efek buruk lainnya.

Gejala Insomnia

Cahaya biru (light blue) yang dipancarkan dari layar HP dapat menghambat produksi hormon melantonin yang mana hormon ini berfungsi untuk membantu memberikan sinyal, kapan waktu untuk tidur dan waktu untuk terjaga.

Jika hormon tersebut terhambat maka manusia akan kesulitan tidur di malam hari dan jika itu terjadi secara terus menerus maka akan menyebabkan manusia mengidap insomnia.

Di samping itu, pancaran dari cahaya biru juga dapat menyebabkan gangguan pada mata dikarenakan bermain HP pada ruangan yang gelap.

Gangguan Konsentrasi

Menurunnya konsentrasi adalah salah satu dampak dari pola tidur yang tidak tepat.

Banyak pendapat yang mengatakan bahwa manusia sulit berkonsesntrasi akibat adanya HP, seperti yang sudah dikatakan diatas bahwa HP membuat penggunanya insomnia atau susah tidur di malam hari serta penggunaan HP di malam hari menjelang tidur dalam menganggu pola jam tidur.

Meningkatkan Risiko Kebakaran

Selain menganggu kesehatan tidur berdekatan dengan HP terlebih lagi bila sambil di cas dapat meningkatkan risiko kebakaran akibat panas berlebih atau korsleting listrik pada perangkat HP.

Sudah banyak peristiwa kebakaran yang disebabkan oleh HP yang dicas dan dimainkan saat tidur.

Suhu panas yang dikeluarkan HP saat dicas itu dua kali lebih banyak ketimbang tidak sambil dicas. Hal itu dapat menyebabkan bahaya atau bahkan ledakan yang tidak terduga.

Jadi, mulailah dari sekarang untuk menghindari tidur berdekatan dengan HP agar tidak mengalami dampak buruk dari kebiasaan ini.

Usahakan untuk berhenti menggunakan HP setidaknya 1 jam sebelum tidur dan meletakkannya di meja yang agak jauh dari tempat tidur.

Demikianlah dampak tidur berdekatan dengan HP dan perlu kita sadari akan pentingnya menjaga kesehatan diri kita dengan memulai pola tidur yang baik. Karena tubuh yang sehat akan memberikan kualitas hidup yang baik pula. (*/fjr/pp)

  • Bagikan