Wahai Bunda, Jangan Coba-coba Simpan Makanan Ini di Kulkas!

  • Bagikan
Ilustrasi Makanan di Kulkas

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Ini perhatian kepada ibu-ibu di rumah. Harus memilih makanan yang harus disimpan di kulkas karena bisa berdampak tidak baik bagi kesehatan lho.

Memang, menyimpan makanan ke dalam kulkas memiliki tujuan untuk membuatnya awet dan tahan lama. Tidak heran jika berbagai bahan konsumsi dimasukkan ke dalam lemari pendingin.

Namun, nyatanya ada beberapa bahan yang tidak cocok dimasukkan di dalam kulkas. Kandungan di dalam bahan tersebut ternyata akan mengubah kandungan di dalamnya menjadi zat lain.

Apa saja bahan yang dimaksud? Berikut ulasannya.

Bawang-bawangan

Pertama adalah bawang-bawangan. Jika dimasukkan ke dalam kulkas, justru akan rentan rusak dan menjadi tidak awet. Bawang merah akan lebih lembab jika disimpan di dalam lemari pendingin.

Kentang

Kedua adalah kentang yang tidak boleh disimpan ke dalam kulkas. Kandungan pati di dalam kentang diubah menjadi gula yang akan bergabung dengan asam amino asparagin.

Penggabungan keduanya akan menghasilkan bahan kimia akrilamida yang dianggap berbahaya.

Tomat

Kebiasaan memasukkan tomat ke dalam kulkas ternyata tidak baik dan tidak disarankan. Memasukkannya ke dalam kulkas justru akan merusak kesegaran alami tomat.

Selain itu akan mempercepat proses pembusukan terlebih saat disimoan dalam keadaan basah.

Roti

Jangan masukkan roti ke dalam kulkas jika Kamu tidak ingun membuatnya cepat keras dan basi. Di dalam kulkas, roti akan mengalami percepatan prises rektalisasi pati. Ini yang kemudian menjadikannya keras dan basi.

Madu

Bahan lainnya yang sebaiknya jangan dimasukkan ke dalam kulkas adalah madu. Madu yang dimasukkan ke dalam kulkas akan mengalami perubahan tekstur menjadi agak keras.

Alpukat Mentah

Jika Kamu memasukkan alpukat mentah ke dalam kulkas, proses pematangan akan berlangsung lebih lama. Ada baiknya jika Kamu meletakkan alpukat mentah dalam suhu ruang. Ini akan membantunya cepat matang.

Melon

Menikmati melon dingin memang sangat enak. Tapi, ternyata buah melon tidak disarankan masuk kulkan lantaran senyawa antioksidan dan kandungan vitamin di dalamnya akan menurun.

Berry

Memasukkan berry ke dalam kulkas akan menjadikannya kering. Selain itu, akan mempengaruhi rasa buah.

Dan lebih bahayanya dapat menyebabkan kanker karena kandungan minyak akan memadat saat di kulkas dan akan mencair setelah dikeluarkan.
Ini kemudian menghasilkan lebih banyak transfat lemak jenuh.

Pisang

Pisang yang sudah terlalu matang sebaiknya jangan dimasukkan ke kulkas. Hal ini akan membuatnya menjadi busuk dan akan menjadi lembek.

Jika kondisinya sudah begini baiknya jangan dikonsumsi.

Kemangi

Kemangi saat berada di dalam kulkas akan cepat layu dan berwarna hitam.
Itulah 10 bahan makanan yang tidak disarankan untuk masuk kulkas. (fjr/pp)

  • Bagikan