Dewi Sartika Pasande Jabat Wakil Bendahara Umum Pengurus Pusat Srikandi Demokrat

  • Bagikan
TOKOH perempuan Luwu Raya dan Toraja, Ir Dewi Sartika Pasande, M.Si bersama Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono dan istri yang juga Ketua Umum Srikandi Demokrat Pengurus Pusat, Annisa Pohan Yudhoyono. IST

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO -- Kiprah tokoh perempuan Luwu Raya dan Toraja, Ir Dewi Sartika Pasande, M.Si di kancah politik nasional kian cemerlang.


Ia dipercaya Partai Demokrat masukd alam jajaran elit Pengurus Pusat Srikandi Partai Demokrat dengan jabatan sebagai Wakil Bendahara Umum.

Keputusan itu ditetapkan di Jakarta, Senin 2 Oktober 2023 oleh Ketua Umum Srikandi Demokrat Pengurus Pusat, Annisa Pohan Yudhoyono yang tak lain adalah istri Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono pada ajang silaturahim Pengurus Pusat Srikandi Demokrat di Kantor DPP di Jakarta.

Adapun struktur pengurus pusat Srikandi Demokrat yakni, Ketua Umum Srikandi Demokrat Pengurus Pusat, Annisa Pohan Yudhoyono, Wakil Ketua Siti Rubi Aliyah Rajasa, APA Timo Pangerang, Andi Nurpati, dan Imelda Sari.

Sekretaris Jenderal Adinda Yuanita, Bendahara Umum Noor Nadira Maricar. Wakil Bendahara Umum Lasmi Indaryani dan Dewi Sartika Pasande.

Sebagaimana diketahui kalau Dewi Sartika Pasande juga merupakan salah satu Caleg DPR RI Partai Demokrat Dapil Sulsel 3 dengan nomor urut 3.

Sekadar informasi, Misi Partai Demokrat untuk memajukan dan memberdayakan perempuan harus sepenuhnya didukung para perempuan di dalam partai itu sendiri. Karena itulah kehadiran Solidaritas Kaum Perempuan Demokrat Indonesia (Srikandi) memiliki peran strategis saat ini. Srikandi baru saja diresmikan keberadaannya oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat (15/09/2022), lalu.

“Srikandi adalah wadah bagi seluruh perempuan yang terafiliasi atau menjadi bagian dari struktur keluarga besar Partai Demokrat untuk saling berkolaborasi dalam mewujudkan cita-cita perjuangan Partai Demokrat,” kata Annisa Pohan, Ketua Srikandi dalam pidatonya.

Istri Ketua Umum Partai Demokrat AHY Annisa menganalogikan Srikandi sebagai payung atau rumah yang menaungi semua perempuan Demokrat. Lembaga ini diharapkan dapat mengintegrasikan seluruh kegiatan perempuan Demokrat dan tercipta kerja sama yang baik.

Visi Srikandi, menurut Annisa, menjadi pelopor gerakan perempuan progresif dan inklusif dengan menyatukan seluruh kekuatan perempuan Demokrat dalam rangka mendukung Partai mewujudkan Indonesia yang maju dan sejahtera.

‘’Adapun misi kita adalah mendukung Partai Demokrat dalam melindungi, memberdayakan, dan memperjuangkan hak kaum perempuan Indonesia; mengayomi seluruh perempuan demokrat dari berbagai elemen organisasi dalam semangat kekeluargaan. Kita juga saling melengkapi dan menguatkan; meningkatkan kapasitas SDM perempuan Demokrat melalui pendidikan politik dan pelatihan keterampilan yang relevan; juga membangun komunikasi dan kerja sama dengan berbagai kalangan dalam rangka meningkatkan peran dan kontribusi di bidang sosial dan kemanusiaan,’’ urai Annisa.

Ia pun menyoroti proporsi DPR RI 2019-2024 yang minim partisipasi dari keterwakilan perempuan, hanya 21,39 persen di mana jumlah tersebut belum memenuhi jumlah minimal yang diharapkan, yakni sebesar 30 persen.

“Tentu (partisipasi perempuan dalam politik) untuk menjaga keseimbangan dan mengakomodasi kepentingan perempuan itu sendiri yang selama ini seolah dianggap terpinggirkan dalam urusan politik,” pungkasnya.(idris)

  • Bagikan