Lemon Campur Madu, Ini 11 Manfaat Dahsyatnya, Nomor 2 dan 3 Belum Banyak Diketahui

  • Bagikan
--ilustrasi--

ilustrasi

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Lemon dan madu sudah lama dikenal. Bahkan, khasiatnya pun sudah ditahu.

Makanya, banyak orang suka mengonsumsi lemon. Tentunya, harapannya, untuk kesehatan tubuh.

Sebab, buah lemon sangat kaya akan kandungan vitamin C. Adapun kandungan lainnya yakni kalsium, magnesium, bioflavonoid, pektin, dan limonin yang bisa membantu memengaruhi sistem kekebalan tubuh dan bertindak sebagai antiinfeksi.

Jika lemon dicampurkan madu dan dikonsumsi secara rutin, maka akan mengandung berbagai vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh, mulai dari atas sampai bagian bawah.

Cara membuatnya sangat mudah. Sediakan 2-3 buah lemon, cuci bersih lalu iris tipis-tipis beserta kulitnya.

Kemudian masukkan mangkuk dan campur dengan air panas, setelah hangat ambil satu gelas dan campur dengan madu secukupnya.

Minum air lemon campur madu ini 250 ml setiap hari selama 5 hari.

Kemudian setelahnya minum kondisional sesuai kebutuhan. Berikut khasiat dahsyat mengonsumsi air lemon campur madu untuk kesehatan, seperti dilansir laman Genpi.co. Berikut penjelasan lengkapnya.

  1. Menurunkan berat badan

Manfaat air lemon dan madu yang pertama ialah dapat menurunkan berat badan.

Menurut penelitian Journal of Ayurveda and Integrative Medicine mengonsumsi madu dan lemon dapat menghancurkan lemak.

Selain itu, madu dan lemon juga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga asupan kalori harian makin sedikit. Agar lebih terasa khasiatnya, sebaiknya imbangi dengan olahraga teratur dan pola makan sehat.

  1. Mencegah penyakit ginjal

Lemon dan madu juga bermanfaat untuk mencegah penyakit ginjal. Pasalnya lemon kaya akan asam sitrat yang mencegah pembentukan batu ginjal.

Asam sitrat membantu mengikat kalsium dalam urine, sehingga mengurangi jumlah kalsium yang tersedia untuk membentuk batu ginjal.

Sementara itu, madu memiliki sifat antibakteri dan antiradang yang dapat melawan infeksi, termasuk infeksi yang terkait dengan penyakit ginjal.

  1. Mencegah infeksi saluran kemih

Madu memiliki fungsi antibakteri dan bisa membunuh kuman penyebab infeksi.

Lemon sendiri merupakan sumber vitamin C. Jenis vitamin ini bersifat asam yang dapat mengubah pH urine menjadi lebih asam.

Urine yang asam menciptakan lingkungan yang kurang bersahabat bagi bakteri penyebab infeksi saluran kemih untuk berkembang biak.

Oleh karena itu, minum jeruk lemon dan madu membantu membersihkan saluran kencing.

Mencegah infeksi saluran kemih atau ISK tentu dapat dilakukan dengan cara mudah dan murah dibandingkan harus mengobatinya. Beberapa langkah yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan gaya hidup sehat. Beberapa makanan seperti buah cranberry juga dapat membantu Anda sebagai obat alami infeksi saluran kencing. Cara mudah mencegah infeksi saluran kemih Ada beberapa kebiasaan yang tanpa Anda sadari dapat meningkatkan

  1. Meningkatkan sistem imun

Manfaat madu dan lemon lainnya yaitu dapat meningkatkan sistem imun.

Madu mengandung senyawa antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Madu juga bersifat antibakteri dan antivirus sehingga mencegah infeksi.

Lemon juga kaya akan vitamin C yang berperan dalam produksi dan fungsi sel-sel kekebalan tubuh. Artinya, vitamin C dapat membantu tubuh melawan berbagai penyakit dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Sering minum campuran lemon dan madu membuat tubuh lebih bugar karena dapat meningkatkan imunitas tubuh.

  1. Meningkatkan kesehatan saluran pencernaan

Madu memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan bakteri dan mikroorganisme berbahaya dalam saluran pencernaan.

Madu juga mengandung prebiotik, yaitu jenis serat yang dapat menjadi makanan bagi bakteri baik dalam usus.

Kandungan dalam lemon yaitu vitamin C berperan penting dalam menjaga kesehatan dan fungsi saluran pencernaan. Vitamin C membantu dalam proses penyembuhan luka dan memperkuat dinding usus.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat lainnya dari lemon dan madu yaitu meningkatkan kesehatan jantung.

Hal ini karena madu mengandung antioksidan yang melindungi sel-sel jantung dari kerusakan akibat radikal bebas.

Radikal bebas dapat merusak sel-sel jantung dan menyebabkan peradangan, yang berkontribusi pada perkembangan penyakit jantung.

Lemon dapat membantu mengurangi tekanan darah, terutama jika digunakan sebagai bagian dari pola makan yang sehat. Tekanan darah tinggi adalah faktor risiko utama untuk penyakit jantung dan stroke.

  1. Mencegah kanker

Kelebihan radikal bebas dalam tubuh dapat merusak sel dan meningkatkan risiko terkena kanker. Untuk mencegahnya, Anda dapat minum campuran madu dan lemon.

Vitamin C yang ada pada lemon dan antioksidan yang ada pada madu dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Kerusakan sel inilah yang berkontribusi pada peningkatan risiko munculnya penyakit kanker.

  1. Melawan infeksi

Dengan mengonsumsi air lemon hangat campur madu secara rutin merupakan cara yang efektif dalam menurunkan risiko terjangkit berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus, seperti sakit tenggorokan, maupun gangguan kesehatan lainnya.

  1. Membersihkan tubuh dari bakteri

Dalam bukunya yang berjudul "Back To Eden" Jethro Kloss menyatakan bahwa ekstrak air lemon bisa membantu menghilangkan penumpukan bakteri dalam tubuh (sepsis) yaitu dengan memengaruhi kemampuan antiscourbutic tubuh dalam mencegah penyakit dan membersihkan tubuh dari kotoran.

Menurut Dr. Gillian McKeith dalam bukunya yang berjudul You Are What You Eat juga menjelaskan bahwa dengan mengonsumsi segelas air lemon hangat di pagi hari setelah bangun tidur bisa membantu membersihkan lendir tidak berguna dalam tubuh.

  1. Mengatasi flu dan mengurangi dahak

Dalam asupan vitamin C yang ada di lemon dan madu bisa menjadi penolongan pertama untuk mengobati flu secara alami.

Untuk mengonsumsinya, cukup campurkan peras lemon segar ke dalam teh hangat yang telah diberi madu.

Ramuan alami ini juga bisa mengurangi dahak.

  1. Membantu mengontrol tekanan darah

Dalam air lemon terkandung sejumlah kalium yang sangat bermanfaat dalam membantu mengontrol tekanan darah.

Hal ini tentu saja akan sangat berguna bagi mereka yang mengalami gangguan hipertensi alias tekanan darah tinggi.

Dengan manfaat air lemon secara teratur akan membantu mereka membuat tekanan darah menjadi normal serta bisa memberikan efek relaksasi pada pikiran.(jpnn/hd/pp)

  • Bagikan