Putra Manggarai Dosen Universitas Sawerigading Dr Arda Terbitkan Buku Kedua Sosiologi Komunikasi Kontemporer

  • Bagikan

Dr Arda M.Si

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR. Putra Manggarai dosen Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Sawerigading Makassar setelah sukses menulis dan menerbitkan buku pertama akhir Januari 2022 Diaspora Manggarai Perantauan (Studi di Kota Metropolitan Makassar) di terbitkan oleh Penerbit Fahmis Pustaka Makassa.

Maka pada Oktober 2023 kembali menerbitkan buku kedua dengan judul Sosiologi Komunikasi Kontemporer, Teori dan Paradigam Teknologi Komunikasi dengan perbit Mitra Wacana Media dengan No ISBN: 978.602.318.546-7.

Kepada media Rabu sore 15 Nopember 2023 di Warkop Cappo Makassar, Dr Arda M.Si menambahkan, penerbitan buku kedua ini karena tuntutan dalam dunia akademik terutama buku referensi untuk mata kuliah sosiologi komunikasi yang relatif terbatas sehingga memotivasi untuk menulis dan menerbitkan buku bahan ajar ini.

Buku ini ditulis tiga orang yakni; Dr Arda, M.Si, Dr Adi Sumandiyar, S.Sos, M.Si serta Dr Vendi Yasin, S.Kom, M.Kom dengan editor, Dr Vendi Yasin, S.Kom. M.Kom dan Dr. Muhammad Yahya, M.Si.

Buku setebal 180 halaman memuat tentang ruang lingkup sosiologi komunikasi, struktur dan proses sosial, pemahaman dasar komunikasi organisasi, iklim komunikasi organisasi, pemaparan pesan-pesan komunikasi organisasi.

Selain itu juga memuat komunikasi organisasi nonverbal, sosiologi dalam masyarakat cyber, efek media massa terhadap masalah sosial dan masa depan sosiologi komunikasi, komunikasi sosial dan pembangunan.

Memahami kajian komunikasi di era teknologi informasi saat ini menjadi sangat penting tidak saja bagi mereka yang mempelajari sosiologi atau komunikasi akan tetapi perkembangan teknologi telematika IT menyebabkan revolusi komunikasi tak trelakkan lagi, kata Rektor Universitas Satria pada masanya ini.

Sosok Arda

Arda lahir di Manggarai 31 Desember 1967. Masa-masa kecil dijalani di Flores. Tamat SD Inpres Waewako Lembor Flores 1980 serta SMP Gaya Baru Lembor Nangalili Flore 1983. Jenjang SLTA dijalani di SMAN 02 Ruteng 1986.

Tamat SMA merantau ke Makassar lanjut kuliah di Prodi S1 Ilmu Komunikasi Universitas Satria (Unsat) Makassar selesai 1993. Semasa mahasiswa pernah jadi Ketua Senat Mahasiswa Fikom Unsar 1989-1990. Ketua BPM Fikom Unsat 1991-992. Ketua IKA Unsat sejak 1997.

Pendidikan S2 dilanjutkan di Prodi Ilmu Komunikasi PPs-Unhas selesai 2003. Meraih gelar Doktor Ilmu Sosiologi di PPs-UNM 2017.

Suami dari Dra Olviaty Sudarno dan ayah dari Aliyyah Zhaafiraah, mulai jadi Dosen Tetap Yayasan di Unsat 1993. Periode 2004-2008 wakil Rektor III Unsat. 2008-2012 Wakil Rektor I dan III Unsat, serta periode 2017-2018 jadi Rektor Unsat.

Sebelumnya dalam rentang waktu 2004-2019 diberi amanah menjadi Wakil Rektor I dan III Unsat. Selain itu pada 2015 juga diberi amanah jadi Asisten Direktur I PPs-Unsat Makassar.

Sejak 2018 pindah mengajar di Prodi Sosiologi Fisip Universitas Sawerigading (Unsa) Makassar. Di kampus baru ini jadi Kepala Laboratorium Prodi Sosiologi Fisip Unsa.

Pada organisasi kemasyarakatan, Ketua Komisi Disiplin Turnamen Sepak Bola Komodi Cup 2007-2015. Jadi ketua dan pendiri IKM Magribi Sulsel 2004. Ketua dan pendiri LSM Mitra Keadilan 2004.

Selama meniti karier jadi dosen pernah melakukan kunjungan studi ke beberapa perguruan tinggi yang ada di Malaysia, Singapura, Thailand dan Arab Saudi.

Rajin melakukan penelitian dan publikasi pada jurnal ilmiah termasuk di antaranya; Merajut Persaudraan Komunitas Studi Turnamen Sepak Bola Comodo Cup Manggarai NTT, pada Jurnal Dialektika kontemporer diterbitkan S3 Sosiologi PPs-UNM. (*/pp)

  • Bagikan