Peringatan! Ini Lho 7 Efek Samping Menggunakan Earphone Terlalu Lama dengan Volume Suara yang Keras

  • Bagikan
Ilustrasi: Bahaya terlalu lama menggunakan earphone (Rian Alfianto/ JawaPos.com)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Earphone menjadi kebutuhan wajib saat ini, terutama ketika berada di kendaraan umum biasanya orang-orang menggunakan earphone atau headphone untuk mendengarkan lagu di tengah keramaian.

Durasi paparan suara dari alat pendengar ini menjadi faktor penting yang berkontribusi terhadap kerusakan telinga.

Penggunaan earphone dengan volume suara yang tinggi, dengan durasi kurang dari sejam akan membahayakan pendengaran, terutama jika kamu melakukannya rutin.

Dengan penggunaan earphone yang berlebihan dapat menyebabkan bahaya kesehatan. Berikut ini bahaya yang ditimbulkan ketika menggunakan earphone terlalu lama dengan volume yang keras!

  1. Infeksi telinga

Dilansir dari Health Shoots, earphone yang langsung dicolokkan ke saluran telinga akan menghalangi saluran udara. Hal ini dapat menyebabkan infeksi pada telinga.

Menggunakan earphone terlalu lama dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri dan menetap di earphone. Hindari berbagi earphone dengan orang lain, karena bakterinya akan berpindah dari satu orang ke orang lain.

2. Gangguan pendengaran

Ketika kamu menggunakan earphone dalam jangka waktu yang cukup lama, kamu akan merugikan diri sendiri, karena dapat menyebabkan gangguan pendengaran sementara hingga permanen.

Sel-sel rambut pada telinga akan kehilangan sensitivitasnya, karena getaran dan terlalu banyak membengkok, karena penyesuaian dari earphone. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pendengaran.

3. Pusing

Terlalu sering menggunakan earphone secara terus menerus dapat menyebabkan kondisi kesehatan, seperti vertigo. Hal ini bisa terjadi karena peningkatan tekanan di saluran telinga karena suara keras.

Vertigo merupakan masalah medis berupa pusing yang dapat terjadi dimana saja dan kapan saja, sehingga akan membatasi aktivitasmu.

4. Sakit Telinga

Sakit telinga adalah salah satu efek samping umum dari penggunaan earphone dalam waktu lama setiap hari.

Kebisingan berlebihan ditransmisikan melalui perangkat langsung ke telinga. Tingkat volume yang tinggi ini harus dihindari.

Penggunaan earphone yang tidak pas pada telinga akan menyebabkan sakit telinga ringan hingga parah.

Sehingga, tekanan berlebihan pada telinga bagian lua,r bisa berdampak pada gendang telinga dan menyebabkan sakit telinga.

5. Kurang fokus

Earphone memang berukuran kecil, namun suara yang dihasilkan besar dan bisa memberikan dampak negatif pada gendang telinga.

Suara berpindah dari telinga ke otak dan memengaruhi sistem saraf, sehingga menyebabkan kurang fokus. Konsentrasi bisa melemah jika menggunakan earphone dalam jangka waktu yang lama.

    6. Penumpukan kotoran telinga

    Kotoran telinga yang menumpuk seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman, ketika melakukan aktivitas.

    Earphone yang digunakan terlalu sering dalam jangka waktu yang lama dapat mendorong kotoran telinga lebih dalam sehingga menyebabkan penumpukan.

    Hal ini menyebabkan berkurangnya sensitivitas pendengaran dan bisa menyebabkan masalah pada telinga, seperti tinnitus atau telinga berdenging.

    7. Risiko kecelakaan yang tinggi

    Ketika kamu berjalan-jalan sambil menggunakan earphone untuk meredam kebisingan. Hal ini dapat meningkatkan risiko kecelakaan atau cedera.

    Ketika kamu menyeberang jalan dengan menggunakan earphone, akan menghalangi suara disekitar. Hal ini bisa menyebabkan kamu tertabrak kendaraan yang lewat dan membahayakan diri kamu. (jp/pp)

    • Bagikan