Ini 5 Ikan yang Harus Dihindari Bagi Penderita Kolesterol

  • Bagikan

Ikan Bawal.

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Anda menderita kolesterol? Anda harus memerhatikan makanan yang akan dikonsumsi. Tidak hanya makanan, tapi juga ikan.

Ikan, jadi salah satu sumber nutrisi tersehat. Namun, ternyata ada beberapa ikan yang mengandung kolesterol.

Daftar ikan ini jelas berbahaya bagi mereka dengan kolesterol tinggi. Anda disarankan untuk membatasi asupan beberapa jenis ikan ini.

American Heart Associaton sendiri berpendapat bahwa ikan sebenarnya mengandung protein tinggi hingga cocok untuk dijadikan konsumsi harian. Anda bahkan disarankan setidaknya mengonsumsi ikan dua kali dalam seminggu.

Kandungan kolesterol pada ikan sendiri sebenarnya tak terlalu tinggi. Namun tetap saja, orang dengan kolesterol tinggi harus hati-hati saat mengonsumsi ikan yang masuk dalam daftar ini.

Yang perlu diingat, orang dengan kolesterol tinggi bukan berarti dilarang memakan ikan. Hanya saja, konsumsinya yang perlu dibatasi.

Berikut daftar ikan yang mengandung kolesterol, merangkum berbagai sumber.

  1. Ikan Sarden

Ikan sarden jadi salah satu ikan yang umum dikonsumsi banyak orang. Ikan ini biasa tersaji dalam bentuk kalengan dan banyak tersedia di pasaran.

Namun sayangnya, kandungan kolesterol pada ikan sarden terbilang tinggi dibandingkan ikan laut yang lain. Dalam setiap 100 gram ikan sarden terdapat sekitar 142 miligram kolesterol.

  1. Ikan Bawal

Ikan bawal hidup di air tawar dan air laut. Orang dengan kolesterol tinggi disarankan untuk menghindari atau membatasi ikan bawal air tawar.

Sekitar 120 miligram kolesterol biasanya akan ditemukan pada setiap 100 gram ikan bawal air tawar.

  1. Ikan Tongkol

Ikan tongkol biasanya disajikan dalam tumis balado. Sajian ini umum dalam hampir setiap rumah tangga di Indonesia.

Kadar kolesterol pada ikan tongkol terbilang tinggi. Ada sekitar 102 miligram kolesterol dalam setiap 100 gram ikan tongkol.

Untuk itu, Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi disarankan untuk membatasi asupan ikan tongkol.

  1. Ikan Teri

Ikan teri masuk dalam daftar makanan laut dengan kadar kolesterol tinggi. Kadar kolesterol pada ikan teri tercatat mencapai 85 miligram per 100 gram-nya.

  1. Ikan Lele

Ikan lele tersedia di banyak warung pecel Lamongan. Ikan lele digoreng kering dan disajikan bersama dengan nasi uduk, lalapan, serta sambal.

Tapi, jangan terlalu sering mengonsumsi ikan lele. Pasalnya, lele termasuk dalam daftar ikan yang mengandung kolesterol. Ada sekitar 59 miligram kolesterol dalam satu porsi ikan lele seberat 85 gram.

Tak cuma kolesterol, kandungan lemak pada ikan lele juga perlu diperhatikan. Ada sekitar 12,35 gram lemak dan 204 kalori dalam setiap satu porsi ikan lele. (*/pp)

  • Bagikan