Ini Cara Ampuh Konsumsi Air Kelapa untuk Obati Asam Lambung, Minum Rutin Selama 2 Minggu

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Anda menderita asam lambung? Salah satu bisa menghilangkannya adalah dengan meminum air kelapa muda. Yah, ini sudah menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk mengobatinya.

Seperti diketahui, asam lambung merupakan penyakit umum yang banyak diderita masyarakat Indonesia.

Penyakit ini berkaitan dengan tingkat stres dan pola makan seseorang yang berantakan.

Kala asam lambung naik, beberapa gejala seperti batuk, mual, bersendara terus menerus, hingga sakit tenggorokan akan dirasakan serta sakit dada.

Hal ini tentunya akan menghambat aktivitas sehari-hari apabila tidak segera ditangani dengan baik.

Banyak obat yang diklaim mampu meredakan asam lambung dalam waktu singkat. Namun, bagi Anda yang enggan mengonsumsi obat, air kelapa muda bisa menjadi alternatif.

KHASIAT AIR KELAPA MUDA

Seperti dilansir laman Kemkes.go.id, buah kelapa muda merupakan salah satu produk tanaman tropis yang unik. Karena, di samping komponen daging buahnya dapat langsung dikonsumsi, juga komponen air buahnya dapat langsung diminum tanpa melalui pengolahan. 

Keunikan ini ditunjang oleh sifat fisik dan komposisi kimia daging dan air kelapa, sehingga produk ini sangat digemari konsumen baik anak-anak maupun orang dewasa.

Buah kelapa muda selain bernilai ekonomi tinggi, daging buahnya memiliki komposisi gizi yang cukup baik, antara lain mengandung asam lemak dan asam amino esensial yang sangat dibutuhkan tubuh. 

Sedangkan air kelapa selain sebagai minuman segar juga mengandung bermacam-macam mineral, vitamin dan gula serta asam amino esensial sehingga dapat dikategorikan sebagai minuman ringan bergizi tinggi dan dapat menyembuhkan berbagai penyakit. 

Akan tetapi, bagi sebagian konsumen, mengkonsumsi air kelapa hanya dianggap sebagai minuman untuk menghilangkan rasa haus. Sedangkan daging buahnya hanya sebagai pelengkap setelah minum airnya. 

Dibandingkan dengan minuman ringan lainnya, air kelapa yang mengandung nutrisi yang cukup baik dapat dikategorikan sebagai minuman bergizi tinggi, higienis, dan alami serta telah banyak dibuktikan dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Air kelapa muda kaya akan elektrolit, seperti kalium, natrium, dan magnesium, yang dapat mengatasi dan mencegah dehidrasi ringan termasuk untuk mengatasi mual dan muntah saat hamil. Air kelapa muda juga mengandung karbohidrat, serat, protein, vitamin C, dan antioksidan.

Berkat kandungan antioksidan dan beragam nutrisi, air kelapa muda sangat baik untuk kesehatan tubuh. 

Berikut ini adalah berbagai manfaat air kelapa muda untuk kesehatan :

1. Mengontrol dan menurunkan tekanan darah tinggi.

2. Menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

3. Mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular.

4. Meredakan gejala diare.

5. Mencegah terbentuknya batu ginjal.

6. Menurunkan dan mengontrol gula darah.

7. Mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

8. Meredakan gejala asam lambung.

Untuk mendapatkan manfaat air kelapa muda secara maksimal, sebaiknya mengonsumsi air kelapa murni yang diperoleh langsung dari buah kelapa. Disarankan untuk tidak menambahkan gula atau pemanis buatan saat mengonsumsinya.

Air Kelapa untuk Asam Lambung

Melansir Healthline, mengonsumsi air kelapa tanpa pemanis tambahan bisa menjadi pilihan yang baik bagi penderita asam lambung.

Air kelapa merupakan sumber yang baik dari elektrolit yang bermanfaat seperti potasium.

Elektrolit ini mampu meningkatkan keseimbangan pH dalam tubuh yang penting untuk mengendalikan asam lambung agar tidak naik.

Bagaimana Aturan Minumnya?

Penderita asam lambung dapat mengonsumsi air kelapa muda sebanyak satu buah secara rutin selama dua minggu.

Selain mampu mengobati asam lambung, air kelapa juga berfungsi untuk mengatasi dehidrasi, mengontrol tekanan darah, menurunkan berat badan, hingga menetralisir racun di tubuh.

Selain mengonsumsi air kelapa secara rutin selama dua minggu, penderita asam lambung juga sebaiknya menghindari beberapa minuman yang dapat memicu naiknya asam lambung.

Seperti jus jeruk, jus lemon, jus jeruk nipis, jus anggur, kopi, hingga alkohol. (*/pp)

  • Bagikan