Ini 6 Manfaat Rutin Konsumsi Jus Lemon, Cuma Ada Efek Negatifnya…

  • Bagikan
kesehatan, penyakit jantung, stroke, lemon, jus lemon, vitamin c, batu ginjal, antioksidan, efek samping, zat besi, Meningkatkan metabolisme, asam sitrat,

ilustrasi buah lemon. Sumber foto: Freepik

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Menambahkan sedikit perasan lemon, sudah cukup untuk menambah rasa tajam pada masakan Anda.

Tak hanya untuk makanan, lemon yang jadikan jus atau minuman juga sangat baik untuk kesehatan.

Tahukah Anda bahwa lemon bermanfaat untuk kulit, rambut, dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Bahkan, buah lemon bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet Anda.

Lemon adalah sumber vitamin C, serat larut, dan senyawa tanaman yang menawarkan beberapa manfaat kesehatan.

Dilansir dari Health Shots, Kamis, 4 Januari 2024, mari kita lihat manfaat jus lemon dan berapa banyak yang harus Anda konsumsi setiap hari untuk mencegah penyakit seperti dijelaskan oleh dr Neeti Sharma seorang Konsultan Nutrisi dan Diet di Rumah Sakit Marengo Asia, Gurugram.

  1. Membantu Penurunan Berat Badan

Jus lemon mengandung khasiat yang dapat membantu meningkatkan metabolisme Anda, sehingga membantu Anda menjaga berat badan yang sehat.

Meminumnya secara teratur jus lemon akan membantu Anda mengurangi asupan kalori.

Selain itu, jus lemon juga mengandung vitamin C dan kaya akan antioksidan yang bisa menjadi pilihan sehat untuk menggantikan berbagai minuman olahraga bergula dan jus yang sama sekali bukan pilihan sehat untuk tubuh Anda, jelas Dr Sharma.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Jus lemon merupakan buah jeruk dan merupakan sumber antioksidan yang baik, komponen penting untuk mencegah radikal bebas penyebab kerusakan sel yang berujung pada kanker.

  1. Menghindari Batu Ginjal

Jus lemon mengandung asam sitrat, yang mengandung garam yang disebut sitrat yang mengikat kalsium dan mencegah produksi batu.

Minum setengah cangkir jus lemon yang diencerkan dengan air secara teratur dapat membantu mengurangi risiko terkena batu ginjal, menurut Harvard Health.

  1. Meningkatkan Pencernaan

Jus lemon juga baik untuk sistem pencernaan. Mengandung asam sitrat, lemon telah terbukti meningkatkan sekresi asam lambung, yaitu cairan pencernaan yang diproduksi tubuh Anda di perut untuk membantunya memecah dan mencerna makanan.

  1. Mencegah Anemia

Apakah Anda sering merasa lelah? Apakah Anda sering sesak napas? Ini semua adalah gejala anemia, yang disebabkan ketika sel darah merah tidak mampu menerima cukup oksigen dalam aliran darah.

Jus lemon mengandung vitamin C, yang membantu penyerapan zat besi dan dapat membantu tubuh memulihkan zat besi.

Penelitian telah menemukan bahwa jus lemon dapat membantu mencegah anemia.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Lemon kaya akan serat, yang membantu mengontrol kadar kolesterol dan memungkinkan darah mengalir bebas ke arteri, sehingga mengurangi kemungkinan penyakit jantung.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine menemukan bahwa jus lemon kaya akan vitamin C, yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Tak hanya manfaat, jus lemon nyatanya juga memiliki efek samping bagi beberapa orang.

Berikut efek samping jus lemon seperti yang dijelaskan ahlinya, yakni dr Neeti Sharma seorang Konsultan Nutrisi dan Diet di Rumah Sakit Marengo Asia, Gurugram:

  1. Beberapa orang yang alergi terhadap buah jeruk sebaiknya menghindari minum. Yang terbaik adalah mewaspadai tanda-tanda alergi.
  2. Orang yang menderita migrain juga sebaiknya menghindari jus lemon.
  3. Terkadang memperburuk masalah perut dan karena sifatnya yang asam, Anda mungkin merasa asam setelah mengonsumsinya.
  4. Karena sifatnya yang asam, dapat mengikis enamel gigi, yang menyebabkan kerusakan gigi. (jp/pp)

  • Bagikan