Prabowo Bakal Terus Lanjutkan Gagasan Politik Luar Negeri Bebas Aktif jika Terpilih jadi Presiden, Ini Alasannya

  • Bagikan

Capres Nomor Urut 02 Prabowo Subianto

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden (Capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto menyatakan bahwa dalam menjalankan politik luar negeri, perlu ada peningkatan kualitas pergaulan internasional. Sebab, pokok utama sebenarnya adalah bagaimana antar negara bisa bersahabat dan bekerja sama dengan baik.

Sebab, kata Prabowo, kerja sama dan persahabatan antar negara sejatinya adalah dalam rangka mengedepankan kepentingan Indonesia.

“Politik luar negeri kita secara tradisi sejak awal kita merdeka adalah bebas aktif adalah non-blok, tidak memihak tidak ikut blok-blok tidak ikut pakta. Ini akan saya teruskan dengan semua kekuatan, kita akan mengamankan kepentingan nasional kita,” kata Prabowo Subianto dalam paparan visi misi di debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (7/1/2024).

Menteri Pertahanan di Kabinet Indonesia Maju tersebut mengatakan, bahwa persahabatan dan pertemanan dalam pergaulan luar negeri memiliki manfaat yang sangat besar, ketimbang menciptakan konflik dan permusuhan.

“Seribu kawan terlalu sedikit, satu lawan terlalu banyak. Kita akan menjalankan politik tetangga baik,” tegasnya.

Pun demikian, ia tetap mengedepankan kekuatan pertahanan dan ketahanan nasional dalam rangka antisipatif jika ada serangan keamanan nasional.

“Kita bertekad harus punya pertahanan yang kuat,” ujarnya.

Sekadar diketahui, bahwa saat ini proses Pilpres 2024, agenda terdekat adalah debat ketiga yang diselenggarakan oleh KPU pada hari Minggu, 7 Desember 2024 malam ini.

Dalam debat tersebut yang bakal dihelat di Istora Senayan Jakarta Pusat tersebut, akan menampilkan ketiga Capres, yakni ; Anies Rasyid Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Tema yang diangkat di dalam debat tersebut adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional dengan subtema globalisasi, geopolitik dengan subtema politik luar negeri. (Fajar)

  • Bagikan