4-10 Februari, KSEI IAIN Palopo Gelar SEA Mengabdi di Malangke Barat

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BALANDAI-- Kelompok Studi Islam (KSEI) atau Sharia Economic Associations (SEA) IAIN Palopo dijadwalkan menggelar kegiatan "SEA Mengabdi" di Desa Pombakka, Kec. Malangke Barat, Lutra pada 4-10 Februari 2024 bulan depan.

Menurut Ketua Panitia, Akram melalui Kader SEA, Nurul Annisa Mardin kepada Palopo Pos, Kamis, 18 Januari 2024, SEA Mengabdi mengusung tema “Mengabdi Dalam Mengembangkan Potensi Desa Melalui Dedikasi Ekonomi Rabbani”.

Berdasarkan rundown acara, peserta kumpul di sekretariat KSEI/SEA pada pukul 07.00 Wita, Ahad, 4 Februari, untuk berangkat menuju lokasi kegiatan di Pombakka. Di lokasi, peserta tinggal di rumah penduduk sekaligus pendekatan ke masyarakat.

Ahad siang, dilaksanakan acara pembukaan di kantor Desa Pombakka, yang dihadiri masyarakat dan dilanjutkan dengan pemaparan program kerja (Proker). Sorenya, sosialisasi, diskusi, dan observasi potensi SDA dan SDM yang ada. Malamnya, brifieng mendiskusikan hasil obsevasi dan evaluasi kegiatan.

Hari kedua (Senin, 5 Februari), salat berjemaah dan kuliah tujuh menit (Kultum) dan lanjut bersih-bersih masjid dan lingkungan sekitar.

Paginya, tim ekonomi melanjutkan observasi dan tim pendidikan mengajar di sekolah. Sore, tim pendidikan mengajar mengaji dan games kecil-kecilan. Malam, kegiatan MABIT dimana panitia, kader, dan BPH ikhwan, belajar tajwid, materi dakwah, dan baca Alquran berantai.

Lalu hari ketiga (Selasa, 6 Februari) pagi, tim ekonomi melanjutkan observasi dan tim pendidikan mengajar di sekolah. Siang, kajian srikandi diikuti ibu-ibu dan siswi MTs. Sore, lomba non akademik bagi anak SD. Malamnya briefing.

Hari keempat (Rabu, 7 Februari) pagi, tim pendidikan mengajar sekaligus pamitan dan membackup persiapan lomba. Siang, pelatihan ekonomi kreatif dengan masyarakat di rumah warga. Sore, mengajar TPA dan persiapan lomba. Malamnya briefing.

Hari kelima (Kamis, 8 Februari) pagi, Festival Anak Sholeh (FAS) dan pengenalan produk. Siang, lanjut pengenalan produk.

Hari terakhir (Jumat, 9 Februari) pagi, bersih-bersih sekitar masjid dan jalan desa, dilanjutkan senam, sekaligus bersosialisasi dengan masyarakat. Siang, perisapan penutupan kegiatan. Dan sore penutupan dan pengumuman lomba. Sabtu pagi, 10 Februari 2024, kembali ke kampus. (ikh)

  • Bagikan