Hati-hati! Orang dengan Penyakit Ini Disarankan Jangan Makan Durian

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID JAKARTA -- Durian memang buah yang nikmat, tapi tak semua orang bisa mengonsumsinya. Orang yang memiliki riwayat penyakit tertentu tidak boleh atau tidak dianjurkan untuk makan durian.


Memiliki rasa yang enak dan aroma yang kuat, durian jadi buah favorit banyak orang. Tak cuma dimakan langsung, durian juga bisa diolah jadi ragam makanan, seperti tempoyak, es krim, hingga serabi kuah durian.

Selain rasanya lezat, durian juga kaya akan nutrisi seperti serat, karbohidrat, vitamin C, serta antioksidan dari zat aktif dalam warna buah putih dan kuning.

Dilansir dari Healthline, durian kaya akan senyawa dengan sifat antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas pemicu kanker.

Beberapa senyawa dalam durian dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dan risiko aterosklerosis atau penyumbatan pembuluh darah, sehingga baik untuk organ jantung.

Terlepas dari rasa dan manfaatnya, ada kondisi kesehatan tertentu yang tidak dianjurkan mengonsumsi durian. Melansir berbagai sumber, berikut penyakit yang tidak boleh makan durian.

  1. Obesitas
    Orang yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas tidak dianjurkan makan durian. Hal ini karena durian memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi, sehingga dikhawatirkan meningkatkan risiko kenaikan berat badan yang berlebih.

Obesitas yang tidak diatasi dengan baik tentunya dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan.

Melansir American Society for Metabolic and Bariatric Surgery, obesitas meningkatkan risiko seseorang mengalami gangguan kesehatan pada jantung dan saluran pernapasan.

  1. Diabetes
    Ilustrasi. Orang dengan penyakit diabetes tidak boleh makan durian berlebihan. (iStockphoto/Maya23K)
    Pasien penyakit diabetes tidak boleh makan durian dalam porsi yang berlebihan. Durian tercatat memiliki indeks glikemik yang rendah. Artinya, setelah makan durian, kadar glukosa darah tidak akan cepat meningkat.

Namun, kalori dan kandungan gula alami yang cukup tinggi pada buah ini menyebabkan pengidap diabetes ragu untuk mengonsumsi terlalu banyak.

Sebagai pencegahan, sebaiknya hindari mengonsumsi durian dalam jumlah banyak, karena dikhawatirkan akan memicu peningkatan kadar gula darah.

  1. Gangguan ginjal
    Menukil NetMeds, penderita penyakit ginjal kronis sebaiknya menghindari buah durian, karena mengandung kandungan potasium yang tinggi.

Hal ini membuat ginjal sulit menyaring bahan limbah dan racun. Orang dengan masalah ginjal sebaiknya menghindari buah durian karena buah ini juga dapat memperburuk risiko beberapa masalah kesehatan.

  1. Ibu hamil dengan kondisi tertentu
    Ilustrasi. Ibu hamil dengan penyakit diabetes gestasional juga tidak boleh makan durian. (iStockphoto/FatCamera)
    Sebenarnya, ibu hamil boleh-boleh saja mengonsumsi durian selama tidak ada komplikasi tertentu dan tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Namun, mengutip Baby Center, ibu hamil yang mengalami diabetes gestasional harus menghindari makan durian, karena buah ini memiliki kandungan gula yang tinggi.

Itulah penyakit yang tidak boleh makan durian. Sebaiknya hindari agar tidak memperparah penyakit yang diderita.(int)

  • Bagikan