Waspada! Ini 10 Tipe Orang yang Tidak Disarankan Minum Kopi

  • Bagikan
Ilustrasi Kopi Hitam / Sumber : Freepik

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Minum kopi begitu digemari oleh masyarakat. Yah, kopi adalah salah satu minuman terfavorit di dunia dengan dibuktikannya banyak kedai kopi yang buka di seluruh dunia.

Kopi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti mengurangi risiko kanker, menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko parkinson, menurunkan resiko diabetes tipe 2 dan menjaga kesehatan otak.

Walaupun kopi sedap untuk dinikmati dan memiliki banyak kandungan untuk kesehatan, namun kopi juga memiliki efek samping bagi beberapa orang.

Dilansir dari Eat This, Not That, 27 Januari 2024 yang dikutip JAWAPOS, ada beberapa tipe orang yang tidak disarankan untuk minum kopi.

  1. Orang dengan IBS

“Kafein dapat meningkatkan keteraturan buang air besar, termasuk meningkatkan kemungkinan diare, gejala utama sindrom iritasi usus besar (atau IBS),” kata Angel Planells , MS, RDN , ahli gizi diet terdaftar yang berbasis di Seattle, dan mantan presiden Washington State Academy Nutrisi dan Dietetik dan Greater Seattle Dietetic Association.

Jadi untuk Anda yang menderita IBS, dianjurkan untuk membatasi/menghindari minuman berkafein.

  1. Orang dengan glaukoma

“Tekanan intraokular meningkat pada penderita glaukoma saat mengonsumsi kopi, jadi disarankan untuk membatasi [atau] menghindari asupannya, namun diperlukan lebih banyak penelitian,” kata Planells.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Mount Sinai , meminum kafein dalam jumlah besar meningkatkan risiko glaukoma pada mereka yang memiliki kecenderungan peningkatan tekanan mata.

  1. Orang gampang kencing

“Kita semua tahu yang terbaik adalah menghindari secangkir besar kopi sebelum perjalanan jauh, terutama jika waktu istirahat di toilet terbatas. Asupan kafein dapat meningkatkan frekuensi dan urgensi buang air kecil,” kata Sue Heikkinen, MS, RD, ahli diet terdaftar untuk MyNetDiary. “Jika Anda tidak rutin minum kopi, Anda mungkin lebih sensitif terhadap efek ini.”

  1. Orang dengan penyakit jantung

“Karena kafein dari kopi dapat menyebabkan peningkatan sementara pada tekanan darah dan detak jantung, penting bagi siapapun yang memiliki penyakit jantung untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan mereka tentang apakah/berapa banyak kopi yang aman untuk dikonsumsi,” kata Kelli McGrane MS, RD , ahli diet terdaftar dan Lose It! konsultan nutrisi.

Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menyimpulkan bahwa ya, ada potensi lonjakan tingkat tekanan darah dalam jangka pendek saat minum kafein. Namun, tidak ada cukup bukti konklusif mengenai efek jangka panjang terhadap tekanan darah atau kesehatan jantung.

  1. Wanita hamil

“ American College of Obstetrics and Gynecology merekomendasikan wanita hamil untuk membatasi kafein hingga 200 miligram (kira-kira setara dengan dua cangkir kopi) setiap hari untuk meminimalkan risiko keguguran, persalinan prematur, dan berat badan lahir rendah,” kata Heikkinen. Namun, ulasan tahun 2020 yang diterbitkan di British Journal of Medicine menyimpulkan tidak ada tingkat asupan kafein yang aman selama kehamilan. Wanita hamil harus mendiskusikan asupan kafeinnya dengan dokter.

  1. Ibu menyusui

“Karena kafein bersifat stimulan dan diuretik, kekhawatirannya adalah ibu menyusui berisiko mengalami dehidrasi,” kata Planells. “ American Kehamilan Association menyarankan untuk menghindari kafein sebanyak mungkin selama kehamilan dan menyusui.”

  1. Orang insomnia

“Dapat dimengerti jika Anda meminum secangkir kopi (atau lebih) setelah kurang tidur malam, namun kebiasaan minum kopi Anda mungkin melanggengkan siklus kurang tidur dan kelelahan,” kata Heikkinen.

Meskipun menurut Anda kopi sore tidak mempengaruhi tidur Anda, hal itu memang dapat mempengaruhi kualitas tidur . Hindari kafein setidaknya enam jam sebelum tidur, seperti yang direkomendasikan oleh Sleep Foundation .

Sebuah studi dari Journal of Clinical Sleep Medicine menemukan bahwa kafein yang dikonsumsi bahkan enam jam sebelum tidur berpotensi mengganggu pola tidur.

Temuan ini didasarkan pada kadar 400 miligram kafein, yang setara dengan sekitar empat cangkir kopi, dan meskipun Anda mungkin tidak akan minum kafein sebanyak itu di sore hari, penting untuk dicatat bahwa kafein jelas-jelas mengandung kafein. memiliki kekuatan untuk mempengaruhi tidur Anda.

  1. Penderita diare

“Beberapa orang bersumpah dengan secangkir kopi di pagi hari dapat 'memperlancar buang air besar', namun efek ini tidak diinginkan jika Anda sedang berjuang melawan diare ,” kata Heikkinen. “Kopi tanpa kafein mungkin tidak terlalu menimbulkan masalah, meskipun cairan panas secara umum cenderung merangsang usus.”

  1. Orang dengan epilepsi

“Meskipun penelitian terbatas , [temuan terbaru menunjukkan bahwa] konsumsi kopi dalam jumlah banyak dikaitkan dengan peningkatan frekuensi kejang. Namun diperlukan lebih banyak penelitian,” kata Planells. Pertimbangkan untuk berbicara dengan ahli saraf Anda tentang asupan kafein jika Anda menderita epilepsi.

  1. Anak di bawah 12 tahun

“Meskipun kafein dapat membuat kita sedikit gelisah, kafein dapat menimbulkan efek samping yang lebih nyata dan bahkan serius pada dosis yang lebih kecil pada anak-anak,” kata McGrane. “Misalnya, terlalu banyak kafein pada anak-anak dapat menyebabkan peningkatan detak jantung, peningkatan perasaan cemas, kesulitan berkonsentrasi, dan sakit perut.

Aspek lain yang perlu dipertimbangkan, terutama pada balita, adalah bahwa kopi dapat menutupi isyarat rasa lapar, sehingga balita mungkin tidak akan merasa lapar. Dapatkan nutrisi yang mereka perlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan. Terakhir, perlu diingat bahwa kopi itu sendiri cukup asam, sehingga dapat merusak enamel gigi dan meningkatkan risiko gigi berlubang." (jp/pp)

  • Bagikan