NasDem Berpeluang Amankan 12 Kursi Ketua DPRD Kabupaten/Kota di Sulsel, Bakal Ungguli Golkar

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Kabar tak baik bagi politisi Golkar Sulsel. Kini, harus berlapang dada diungguli oleh Partai NasDem. Tercatat, saat ini, NasDem unggul di delapan kabupaten/kota di Sulawesi Selatan berdasarkan data perolehan sementara KPU yang dipantau, pukul 19.00 WITA, Senin, 19 Februari 2024.

Delapan kabupaten/kota itu meliputi Enrekang, Jeneponto, Palopo, Luwu, Pangkep, Pinrang, Sidrap, dan Takalar.

“Delapan sudah pasti. Nasdem berpeluang amankan 12 pimpinan kabupaten/kota,” kata Wakil Ketua Bidang Eksekutif NasDem Sulsel, Ridwan Jabir.

Pergerakan suara NasDem ini sangat signifikan jika dibandingkan pileg 2019, yang hanya unggul di Makassar, Pangkep, Barru, Sidrap, dan Toraja Utara.

Meski demikian, NasDem berpotensi melepaskan kursi Ketua DPRD di Makassar, Barru, dan Toraja Utara. Tiga daerah itu sementara diungguli Golkar.

Namun secara keseluruhan, jika dibandingkan dengan Golkar, NasDem masih unggul di kabupaten/kota. Golkar hanya unggul di tujuh kabupaten/kota saat ini yakni Barru, Selayar, Makassar, Parepare, Luwu Utara, Soppeng, dan Toraja Utara.

Tak hanya di kabupaten/kota, untuk kursi DPRD Sulsel, NasDem juga berpotensi merebut kursi Ketua DPRD Sulsel dari Golkar.

Berdasarkan data KPU pukul 18.00, suara NasDem di DPRD Sulsel mencapai 415.024 (18,42 persen).

Menyusul Golkar 343.632 (15,25 persen), dan Gerindra 329.740 (14,64 persen).

Sekretaris NasDem, Syaharuddin Alrif mengapresiasi capaian para kader NasDem dalam meraup suara.

“Tentu ini akumulasi kinerja. Dan akumulasi kepercayaan di Sulsel. Alhamdulillah target tercapai,” tutur Syahar.

Dia menyebut perolehan suara di Pileg 2024 ini mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan pileg 2019.

“Tentu ini akumulasi kinerja. Dan akumulasi kepercayaan di Sulsel. Alhamdulillah target tercapai,” ujar Wakil Ketua DPRD Sulsel ini. (fjr/pp)

  • Bagikan