Pemkot Bersama Organisasi Profesi Kesehatan di Palopo akan Peringati Hari Pendengaran Lewat Bakti Sosial dan Penyuluhan

  • Bagikan
Panitia peringatan Hari Pendengaran Sedunia Kota Palopo di antaranya Ketua IDI Palopo, dr Abdul Syukur Sp.B, dr Bidasari Jamil M.Kes, dr Iin Fatimah Hanis Sp.THT, Sekretaris PPNI Palopo Ns, Asriel Talaran saat audiensi dengan Pj Wali Kota Palopo, Rabu 21 Februari 2024 di Rujab Wali Kota. IST

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO -- Pada 3 Maret nanti, diperingatai sebagai Hari Pendengaran Sedunia, sebanyak empat organisasi tenaga kesehatan di Kota Palopo, yakni, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Palopo, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), dan Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia (Persakmi) kompak memperingatinya lewat pelbagai kegiatan sosial yang digelar selama lebih sepekan hingga hari H.


Panitia Hari Pendengaran Sedunia Kota Palopo yang juga Ketua IDI Kota Palopo, dr Abdul Syukur Kuddus Sp.B bersama dokter spesialis Telinga Hidung Tenggorokan dr Iin Fatimah Hanis Sp.THT kepada Palopo Pos, Rabu 21 Februari 2024 menjelaskan kalau Hari Pendengaran Sedunia diperingati setiap tahun tanggal 3 Maret. Untuk Tahun 2024 diperingati dengan Tema Internasional “Let’s make ear and hearing care a reality for all”, sedangkan teman nasional “Ubah pikiranmu, mari peduli tuli dapat ditangani,".


Kegiatan yang akan dilaksanakan dalam beberapa rangkaian, tujuannya sebagai upaya meningkatkan kesadaran tentang pentingnya memelihara telinga dan mencegah gangguan pendengaran serta ketulian, mengatasi kesalahan persepsi umum dan pola pikir stigmatisasi terkait masalah telinga dan pendengaran di masyarakat dan penyedia layanan kesehatan, memberikan informasi yang akurat dan berbasis bukti untuk mengubah persepsi masyarakat tentang gangguan pendengaran, menyerukan negara negara dari masyarakat sipil untuk mengatasi kesalahan persepsi dan pola pikir stigmatisasi terkait gangguan pendengaran, sebagai langkah penting untuk memastikan akses yang adil terhadap perawatan telinga dan pendengaran.


"Mengaju pada juknis dari perhimpunan dokter spesialis THT.BKL Indonesia dan sejalan dengan kegiatan WHO dalam memperingati hari pendengaran sedunia, Organisasi Profesi Ikatan Dokter Indonesia cabang Palopo, Persatuan Perawat Nasional Indonesia Kota Palopo dan Ikatan Bidan Indonesia Kota Palopo berkesempatan terlibat dalam kegiatan hari pendengaran sedunia," ujar dr Bidasari.


Pada, Rabu 21 Februari, pihaknya juga telah melakukan audiensi dengan Pj Wali Kota Palopo Asrul Sani yang siap mendukung kegiatan peringatan Hari Pendengaran Sedunia ini yang puncak kegiatan pada Ahad 3 Maret di kawasan TPI Palopo dengan melibatkan masyarakat nelayan.
"Insya allah Pak Pj Wali Kota mendukung dan siap mensukseskan kegiatan pada 3 Maret mendatang," ucapnya.


Pada audiensi dengan Pj Wali Kota dihadiri Ketua IDI Palopo, dr Abdul Syukur Sp.B, dr Bidasari Jamil M.Kes, dr Iin Fatimah Hanis Sp.THT, Sekretaris PPNI Palopo, Ns Asriel Talaran.


Beberapa rangkaian kegiatannya adalah berupa bakti sosial pelatihan PGPKT di Puskesmas, pelatihan skrinin pendengaran, bersih-bersih telinga dan konsultasi gratis, donor darah, dan penyuluhan kepada pasien dan keluarga pasien di RS dan faskes di Kota Palopo. (idr)

  • Bagikan