Vokalis Slank Kaka ke Toraja, Ini Tujuannya, Menyentuh Banget

  • Bagikan

Kegiatan sosialisasi yang dilakukan PKBM Tosangserekan di sekolah-sekolah untuk program kegiatan sekolah nol sampah melalui penggalangan dana yang dihibur konser musik Kaka ‘Slank’ di kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara, Sulawesi Selatan. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA - Komunitas bernama Tosangserekan akan mengelar kegiatan penggalangan dana untuk program kegiatan sekolah nol sampah di kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

Kegiatan tersebut bertajuk ‘Kaka Slank untuk Tosangserekan’ bertujuan untuk menggerakkan pendidikan lingkungan hidup sekolah nol sampah bagi murid-murid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Melalui penggalangan dana konser musik akustik, Kaka ‘Slank’ diiringi group ban amal yakni Lamp of Bottle Band akan tampil pada tanggal 3 sampai 5 Juni 2022 mendatang di Kecamatan Rantepao, Toraja Utara.

Selain konser musik, juga akan digelar talk show tentang program pendidikan lingkungan hidup sekolah nol sampah, tantangan yang dihadapi untuk mempertahankan keindahan alam Toraja yang sudah mendunia ditengah derasnya arus sampah, khususnya sampah plastik.

“Pusat kegiatan belajar masyarakat Tosangserekan yaitu wadah yang baru dibentuk pada awal tahun 2020 untuk melestarikan keindahan alam Toraja dari terjangan sampah, khususnya plastik sekali pakai yang hampir ada di setiap sudut Toraja,” ujar Ketua PKBM Tosangserekan, Ulva Takke, Kamis (26/5/2022).

Menurut Ulva, arti dari Tosangserekan adalah perspektif atau pandangan orang Toraja tentang alam semesta, bahwa semua ciptaan adalah bersaudara dan memiliki fungsi masing-masing.

Selain kegiatan galang dana, Pasar Rakyat di Puncak Dipomelo Pindan pada tanggal 4 Juni 2022 mendatang juga akan dibuka yang menjual makanan, minuman dan cindera mata buatan masyarakat lokal.

“Hasil penggalangan dana nantinya akan digunakan sebagai biaya operasional pendidikan lingkungan hidup sekolah nol sampah,” pungkas Ulva.

Bersama pengurus Tosangserekan, kata Ulva dirinya untuk hadir melestarikan alam Toraja yang indah dengan upaya penyadaran awal pada tingkat siswa-siswa PAUD hingga SMA/SMK, karena di pundak mereka masa depan Toraja yang bersih dan bebas sampah plastik, serta tetap berbudaya.

Tiket konser musik akustik Kaka ‘Slank’ dan Pasar Rakyat sudah mulai dipesan melalui kontak dan nomor Whatsaap 085939103631.

Sementara itu, vokalis ‘Slank’, Akhadi Wira Satriaji atau akrab disapa Kaka mengatakan dirinya terpanggil untuk membantu PKBM Tosangserekan dalam menjalankan program pendidikan lingkungan hidup sekolah nol sampah di Tana Toraja.

“Karena masalah sampah, khususnya plastik sekali pakai adalah masalah saat ini dan masa depan yang harus segera diselesaikan bersama-sama,” tutup Kaka.

Aksi galang dana akan dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 3 sampai 5 Juni 2022 yakni berikut jadwalnya.

Tanggal 3 Juni 2022 dilakukan Charity Dinner di Objek Wisata Buntu Pune Kecamatan Kesu, dengan harga tiket mulai dari Rp 500.000 per orang.

Tanggal 4 Juni 2022 yakni Konser Musik Kaka Slank untuk Tosangserekan di Objek Wisata Puncak Dipomelo Pindan menjual 2 jenis tiket donasi, masing-masing Salu Sa’dan
seharga Rp 250.000 per orang, dan Salu Mai’ting seharga Rp 100.000 per orang.

Selain itu tanggal 4 Juni 2022 sejak pagi hingga malam hari juga akan membuka Pasar Rakyat di Puncak Dipomelo Pindan yang akan menjual produk masyarakat lokal.

Tanggal 5 Juni 2022 Tour Wisata Toraja Cantik dengan Kaka Slank akan di jual 5 tiket dengan sistem lelang. Penawaran harga tiket mulai harga Rp 2 juta dan akan dipilih 5 penawar tertinggi yang berhak mendapatkan tiket spesial. (risna)

  • Bagikan