234 Peserta Siap Bertanding Tournament Catur Magical Toraja PMTI di Makale

  • Bagikan

Bendahara Umum PMTI, Joni Mantong berfoto bersama setelah pembukaan tournament catur di gedung Tammuan Mali Makale, Kabupaten Tana Toraja, Senin (22/8/2022). --risna--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA - Sebanyak 234 peserta mengikuti lomba atau tournament catur pada event Magical Toraja.

Diketahui event bergengsi bertajuk Magical Toraja digelar oleh Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) di Makale dan Rantepao, Kabupaten Toraja Utara.

Tournament catur dibuka secara resmi oleh Bendahara Umum PMTI, Joni Mantong di gedung Tammuan Mali Makale, Kabupaten Tana Toraja, Senin (22/8/2022).

Berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 22 sampai 23 Agustus 2022, dari 234 atlet catur tersebut berasal dari wilayah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

Joni Mantong didaulat membuka tournament catur menyampaikan dalam sambutannya bahwa, catur adalah bagian dari program pengembangan olahraga sebagai salah salah satu dari sepuluh program andalan pengurus PMTI.

“PMTI sangat serius dalam pengembangan olahraga catur, dibuktikan dengan menghadirkan master catur dalam tournament ini,” ujarnya.

Diakhir sambutannya, Joni berpesan dan menyampaikan kepada peserta selamat bertanding dan berharap lahir master-master catur baik di Tana Toraja maupun Toraja Utara.

Turut hadir Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Tana Toraja, Anthon Toding yang turut mengapresiasi tournament catur yang diselenggarakan PMTI.

Anthon menyebut olahraga catur sangat bermanfaat untuk anak sekolah karena terbukti catur dapsat menambah kecerdasan pada anak.

“Apalagi PMTI membuka sekolah catur di Tana Toraja yang tempatnya di bangunan Dinas Pendidikan dan tentu pemerintah daerah sangat apresiasi,” tutupnya.

Kategori yang dipertandingan yakni tingkat SD putra dan putri diikuti 36 atlet, tingkat SMP putra putri diikuti 33 atlet dan kategori umum diikuti 165 atlet. (risna)

  • Bagikan