Bakal Dihadiri Para Menteri, Kongres GMKI ke 38 di Tana Toraja Dibuka Secara Virtual Presiden Jokowi

  • Bagikan

Konferensi Pers Kongres ke 38 GMKI yang akan digelar di Kabupaten Tana Toraja pada tanggal 22 sampai 30 November 2022 di Gedung Tammuan Mali Makale, Minggu (20/11/2022). --risna--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA - Kongres XXXVIII Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) segera digelar di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Perhelatan festival budaya dan ibadah refleksi akan dilangsungkan di landasan eks Bandara Pongtiku di Kecamatan Rantetayo pada Selasa (22/11/2022) mendatang.

Mengangkat tema ‘Lihatlah, Kristus Menjadikan Semuanya Baru’ berlangsung tanggal 22 sampai 30 November 2022, selama Kongres berlangsung di Gedung Tammuan Mali Kecamatan Makale.

Target tamu GMKI se Indonesia di Tana Toraja diperkirakan hingga 2.500 orang yang akan dibuka secara virtual oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Hal itu disampaikan Ketua Panitia, Theofilus Allorerung yang juga menjabat sebagai Bupati Tana Toraja saat didampingi Sekertaris Umum PP GMKI, Michael Anggi dan Ketua Panitia Harian, Yohanis Lintin.

“Target kita 2.500 orang, tiap delegasi mengirim 20 sampai 200 orang, bahkan senior GMKI sekitar ratusan orang juga akan hadir,” ucap Theofilus saat konferensi pers, Minggu (20/11/2022).

Harapan Theofilus, atas kehadiran peserta Kongres dapat membangkitkan perekomian di Toraja terutama untuk menikmati budaya Toraja sehingga nantinya event nasional terus digelar.

“Kita upayakan event nasional terus digelar tiap tahun sehingga kepercayaan wisatawan terhadap Toraja makin meningkat dan Toraja menjadi daerah beragam event,” pungkasnya.

Terkait bantuan dana selama Kongres ke 38 GMKI berlangsung, kata Bupati Theofilus bahwa anggaran bantuan pemerintah Rp. 1 Miliar, bantuan Pemprov Sulawesi Selatan Rp. 600 juta dan bantuan lainnya dari lembaga gereja dan donatur yang merupakan senior-senior GMKI.

Pengamanan selama sembilan hari oleh pihak TNI Kodim 1414 Tana Toraja dan personel Polres Tana Toraja, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Pemkab Tana Toraja total 250 anggota akan dikerahkan mengamankan berjalannya pembukaan hingga Kongres serta keamanan tempat tinggal peserta.

Sementara Michael Anggi menjelaskan tamu penting yang dipastikan hadir membawakan materi yaitu Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan RI, H. M. Mahfud MD.

Juga diundang beberapa Menteri yang kemungkinan hadir seperti Menparekraf RI, Sandiaga Uno, Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati serta Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainuddin Amali.

“Ada 11 pimpinan OKP tingkat nasional, beberapa dari organisasi muslim yang akan menjadi pembicara tentang bagaimana konstelasi pergerakan pemuda Indonesia,” ucap Michael.

Yasonna H. Laoly merupakan senior GMKI rencananya akan membawakan materi suplementasi hukum dan anti korupsi.

Selama Kongres berlangsung, panitia akan memberikan fasilitas ngopi dan santai dengan pertunjukan seni di Kompleks Pasar Seni samping Plasa Kolam Makale. (risna)

  • Bagikan