Hasil Piala AFF 2022: Indonesia Bekuk Filipina 2-1, Thailand Bantai Kamboja 3-1, Kompak Melaju ke Semifinal

  • Bagikan

Pemain Indonesia saat merayakan gol usai menyarangkan bola ke gawang Filipina. --net--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, FILIPINA-- Timnas nasional Indonesia berhasil meraih kemenangan atas Filipina pada laga terakhir babak penyisihan Piala AFF 2022.

Indonesia berhasil menggungguli Filipina 2-1. Meski pada babak pertama unggul 2-0. Gol-gol Indonesia diciptakan oleh Dendy Sulistyawan dan Marselino Ferdinan.

Duel Filipina vs Indonesia di laga terakhir Grup A Piala AFF 2022 digelar di Stadion Rizal Memorial, Senin, 2 Januari 2023 malam Wita.

Kemenangan itu, tidak membantu Indonesia menduduki posisi puncak klasemen dengan poin 10. Karena, di waktu bersamaan, Thailand berhasil membekuk Kamboja 3-1.

Indonesia dan Thailand mengoleksi poin yang sama, hanya saja Thailand unggul dalam selisih gol. Thailand berhasil melesakkan gol 13 dengan kemasukan 2, sementara Indonesia berhasil membuat gol 12 dengan kemasukan 3.

Thailand akan berhadapan dengan runner up klasemen di grup B, sementara Indonesia akan menghadapi pemuncak klasemen.

Saat ini, Vietnam dan Malaysia menduduki posisi satu dan dua Grup B dengan raihan enam angka. Jika klasemen ini tidak berubah, Thailand akan bertemu Malaysia, sedangkan Timnas Indonesia bentrok Vietnam di semifinal Piala AFF 2022 di semi final.

Vietnam dan Malaysia akan bermain besok, 3 Januari 2022. Vietnam akan berhadapan dengan Myanmar sementara Malaysia akan meladeni Singapura.

Pada partai Indonesia melawan Filipina, Asnawin Mangkualam cs menyerang dari sisi kanan di menit-menit awal pertandingan.

Saddil Ramdani melepaskan tembakan dari sudut sempit, tapi ditepis oleh kiper Filipina.

Filipina juga tak kalah ngotot meski sudah dipastikan tersingkir. Tekanan Filipina menghasilkan sepak pojok.

Dari situasi itu, bola yang ditinju Nadeo Argawinata jatuh ke kaki Stephan Schrock yang ada di luar kotak penalti. Dia kemudian melepaskan tembakan dan ditepis oleh Nadeo.

Indonesia membuka keunggulan pada menit ke-21. Sundulan Dendy Sulistyawan membawa Indonesia memimpin 1-0. Dia memanfaatkan bola lemparan ke dalam dari Pratama Arhan.

Tak lama setelah gol, Indonesia harus melakukan pergantian pemain dengan menarik keluar Nadeo Argawinata. Kiper Bali United itu tak bisa melanjutkan pertandingan usai berbenturan dengan pemain lawan.

Indonesia mendapat peluang untuk menggandakan keunggulan pada menit ke-37. Dendy menerima bola sodoran dari Asnawi tapi tembakan kaki kirinya melambung di atas gawang.

Tak lama kemudian, giliran Fachruddin yang memperoleh peluang. Dia mencoba melepaskan tendangan voli dengan kaki kanan, tapi belum tepat sasaran.

Indonesia menggandakan keunggulan pada menit ke-43. Marselino Ferdinan melakukan kerja sama satu dua dengan Saddil dan melepaskan tembakan untuk membobol gawang Filipina.

Hanya saja, Timnas Indonesia kebobolan pada menit ke-83. Gawang skuad Garuda dijebol oleh Sebastian Rasmussen.

Hingga pluit panjang dibunyikan wasit, kedudukan tetap 2-1 atas kemenangan Indonesia. (Ne/pp)

Susunan Pemain

Filipina: Antony Pinthus, Simen Alexander, Jefferson Tabinas, Amani Santos, Audie Bantas Menzi, Hikaru De Asis Minegishi, Stephan Schrock, Oliver Bias, Kenshiro Daniels, Mark Hartmann

Indonesia: Nadeo Argawinata (Syahrul Trisna 22'), Rizky Ridho, Fachruddin Aryanto, Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan, Marselino Ferdinand, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman, Saddil Ramdani, Dendy Sulistyawan

  • Bagikan