Top Skorer SEA Games Ramadhan Sananta Jadi Sorotan Media Thailand, Disebut Pemicu Awal Keributan, Kenapa Bisa?

  • Bagikan
Ramadhan Sananta saat merayakan gol. --pssi--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Striker timnas Indonesia di ajang SEA Games 2023, Ramadhan Sananta, mendapat sorotan dari media asing asal Thailand.

Mesin gol PSM Makassar ini, disebut-sebut oleh Media Thailand, Thairath, penyebab keributan di final.

Media tersebut bahkan mengklaim, striker PSM Makassar itu melakukan selebrasi di depan bench Timnas Thailand U-22 pada menit akhir babak kedua atau sebelum kericuhan itu terjadi.

"Penyebab masalah itu (kericuhan) dari bukti berbagai klip yang dibagikan netizen, ketika Ramadhan Sananta striker Indonesia nomor 9, berlari untuk merayakan kemenangan sebelum perpanjangan waktu," tulis laporan Thairath dalam salah satu artikelnya, dikutip Sabtu (20/5/2023).

"Dia (Ramadhan Sananta) berlari di sisi bangku cadangan Thailand dengan bendera Indonesia hingga membuat ricuh karena dianggap tidak menghormati Timnas Thailand," tambah media asal Thailand itu.

Alasan Thairath memberikan pernyataan di atas berdasarkan cuplikan video yang beredar di media sosial.

Dalam salah satu cuplikan video, penyerang berusia 20 tahun itu tertangkap kamera berlari sambil mengibarkan bendera Merah Putih melewati bench Thailand setelah wasit meniup peluit panjang di babak kedua.

Ramadhan Sananta sendiri sudah diganti oleh pelatih Indra Sjafri di babak kedua dan digantikan oleh Irfan Jauhari.

Ia pun menyangka laga telah berakhir untuk kemenangan Timnas Indonesia U-22 dengan skor 2-1 sehingga melakukan selebrasi dengan melewati bench Thailand.

Hanya saja peluit itu ternyata ditujukan untuk memberi tendangan bebas kepada pemain Thailand U-22. Dan Thailand akhirnya bisa menyamakan kedudukan jadi 2-2.

Usai mencetak gol penyeimbang, sejumlah pemain cadangan dan staf pelatih Thailand melakukan selebrasi provokatif dengan melewati bench Timnas Indonesia U-22 sehingga terjadilah kericuhan.

Kemudian keributan semakin memanas usai Indonesia kembali unggul 3-2 setelah Irfan Jauhari mencetak gol.

Pada saat itulah kedua tim semakin memanas dan saling pukul pun tak terhindarkan layaknya tawuran antara kedua kubu sehingga hujan kartu merah.

Pada akhir laga Indonesia pin berhasil meraih kemenangan telak 5-2 atas Thailand di Olympic Stadium, Phnom Penh, Selasa, 16 Mei 2023. (fajar/palopopos)

  • Bagikan