Palopo Berpotensi Terimbas Gempa 7,5 SR yang Berpusat di Teluk Bone

  • Bagikan

PALOPOPO.CO.ID, SURUTANGA-- Gempa bumi dan tsunami tidak bisa diketahui kapan terjadi.

Namun berdasarkan perhitungan model para ahli, ada potensi gempa bumi berkekuatan 7.5 Skala Ricter (SR) di Teluk Bone. Pusat gempa di perairan laut antara Palopo dan Kolaka. Gempa tersebut berpotensi tsunami yang berimbas sampai ke Kota Palopo.

"Berdasarkan perhitungan para ahli, apakah terjadi atau tidak, kita tidak bisa tentukan atau prediksi. Potensi saja 7,5 SR (Skala Rikter)," kata Kepala Stasiun Geofisika BMKG Kelas II Gowa, Rosa Amelia SSi, menjawab pertanyaan Palopo Pos dalam keterangan persnya usai pembukaan Sekolah Literasi Gempa Bumi dsn Tsunami di Hotel Value, Palopo, Sabtu, 6 Agustus 2022.

Kegiatan tersebut dilaksanakan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas II Gowa. Diikuti 33 peserta yang terdiri Danramil Wara Kapten Inf. Muh. Sukardi, Marten dari Polres Palopo, BPBD enam orang, Dinas Sosial, Damkar, Camat tiga orang, utusan sekolah tiga orang, media tiga orang, tokoh masyarakat sebelas orang, dan lainnya.

Sekolah Literasi Gempa Bumi dsn Tsunami dibuka oleh Wali Kota Palopo diwakili Kepala Pelaksana (Lalaksa) BPBD Palopo Antonius Dengen. Tampak hadir Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah IV Makassar Irwan Slamet, Kepala Stasiun Geofisika BMKG Gowa Rosa Amelia SSi, Kepala Stasiun. Meteorologi BMKG Masamba Winarno, dan lainnya.

Laporan Potensi Gempa dan Tsunami Palopo yang dipresentasekan
Koordinator Data dan Informasi BMKG Wilayah IV Makassar, Firdaus SSi MSi, menegaskan bahwa Palopo tidak secara langsung rawan gempa dan tsunami. Karena tidak ada sesar aktif.

Tapi dekat Palopo, ada dua sesar aktif. Yakni sesar Matano dan sesar Palukoro yang memanjang dari utara ke selatan (dari Poso ke Teluk Bone melintasi Lutra).

"Posisi ini dekat Palopo. Ini warning bagi kita untuk siap, sebelum itu terjadi," jelas Firdaus.

Sejak tahun 1824 hingga sekarang, terjadi 69 gempa dan 25 tsunami di Sulawesi.

Pada 18 Desember 2018 dan 13 Juni 2020 terjadi gempa di Lutra. Guncangannya terasa di Palopo. (ikh)

  • Bagikan