Warga Lansia Hidup Sebatang Kara dan Sakit, Polisi dan Bidan di Tana Toraja Empati

  • Bagikan

Bhabinkamtibmas Polsek Makale Polres Tana Toraja menggendong warga segantang kara, Lansia di Lembang Bungin untuk dibawah ke Rumah Sakit Sinar Kasih Makale, Selasa (15/11/2022). --risna--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA -Seorang warga Lanjut Usia (Lansia) hidup sebatang kara dengan keterbatasan penglihatan mata di Lembang (Desa) Bungin, Kecamatan Makale, Tana Toraja, Selasa (15/11/2022).

Ia bernama Lusia Biri' (72 tahun) yang terpaksa dievakuasi oleh Bhabinkamtibmas Polsek Makale, Bripka Rio Novrianto bersama salah satu Bidan Desa.

Evakuasi terpaksa dilakukan dikarenakan informasi dari warga jika Lusia Biri' sedang mengalami sakit parah dan tidak ada yang mengurusnya.

“Kami bersama Ibu Bidan di Bungin siang tadi mendatangi rumah Ibu Lusia Biri' dan melihat kondisinya, miris sudah terbaring lemas,” ucap Rio.

Lanjutnya menjelaskan bahwa, Ibu Lusia tidak dapat melihat dan tidak ada yang mengurus, sehingga dilakukan evakuasi ke RS Sinar Kasih Makale untuk mendapatkan perawatan yang layak.

Menurut Bidan Desa Bungin, Mery Mangampa bahwa Lusia dirujuk ke Rumah Sakit Sinar Kasih atas rekomendasi istri Wakil Bupati Tana Toraja yakni dr. Erni Yetti Riman, S.KM, M.Kes.

Personel Bhabinkamtibmas Polsek Makale menggendong Lusia Biri' dari rumahnya hingga ke jalan raya karena rumah yang dihuni tinggal berada di pelosok yang tidak dapat dijangkau kendaraan. (risna)

  • Bagikan