Di Pettene, Sudah Ada Warga Terima Bansos Rp400 Ribu, tapi Happy Kalemben Belum

  • Bagikan

KKS atas nama Muliani dan struk penarikan Bansos 2023 an. Muliani sebesar Rp400 ribu. --foto digabung: ikhwan/palopopos

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PATTENE-- Sejumlah warga di Kota Palopo belum mendapat bantuan sosial (Bansos) tahun 2023. Di antaranya Happy Kalemben, warga Kelurahan Pattene, Kec. Wara Utara dan Ilham Mus, warga Kel. Rampoang Kec. Bara.

Sementara di wilayah kelurahan lain, sudah terima bantuan tersebut dalam bentuk uang tunai Rp400 ribu. Warga Kel. Tobulung, MS (inisial), sudah menerima menerima Bansos dalam bentuk uang tunai senilai Rp400 ribu pada tanggal 10 Maret 2023.

Malah, Muliani, warga Kel. Pattene, yang juga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) sudah menerima Bansos 2023 sebesar Rp400 ribu. Dananya ditarik pada 17 Maret 2023 di Toko Cahaya Terang Jl. Tandipau No. 6 Palopo. KKS yang dimiliki Muliani, sama dengan KKS milik Happy Kalemben.

Hal tersebut diungkapkan penggiat media sosial, Sulaiman Hasli Tangarang kepada Palopo Pos, Jumat, 17 Maret 2023 malam.

''Masa sama-sama punya Kartu Keluarga Sejahtera. Ada yang dapat, tapi ada tidak dapat bantuan. Harusnya Pak Lurah akomodir hal seperti ini. Kelurahan harus usulkan, karena ada warganya mempunyai Kartu Keluarga Sejahtera tapi tidak mendapatkan bantuan,'' jelas Sulaiman.


Hanya saja, berita ini belum terkonfirmasi ke pihak Kelurahan Pettene, saat ditayangkan sekira pukul 23.00 Wita.

Sebelumnya dilansir, berdasarkan laporan masyarakat kepada Sulaiman, warga yang belum mendapat bantuan sosial (Bansos) tersebut atas nama Happy Kalemben, warga Kelurahan Pattene dan Ilham Mus, warga Kel. Rampoang.

Nama mereka tercatat di aplikasi DTKS Kemensos sebagai penerima manfaat. Mereka juga memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KS) yang berlaku sejak tahun 2021 sampai Agustus 2026.

Lurah Pattene, Oktavianus Sampe Payangan SH berupaya dikonfirmasi Palopo Pos di kantornya, Selasa, 14 Maret 2023 lalu, sedang tidak ada di kantornya. Menurut stafnya, Lurah sedang ke Toraja.

Sementara Ketua RW4/RT2 Kel. Pattene, Yolpa yang ditemui Palopo Pos di Kantor Lurah Pattene, mengatakan, tidak benar informasi yang menyebut Happy Kalemben tidak pernah dapat bantuan sosial. Tiap tahun dapat bantuan Sembako berupa beras, telur, sayur-sayuran, dan lainnya.

Happy masuk kategori penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau kartu yang digesek. Bantuannya berupa beras, telur, dan bahan pangan lainnya. ''Untuk tahun 2023, memang belum diterima karena (bantuan BPNT) belum jalan,'' kata Yolpa yang merupakan ponakan dari Happy.

Kepala Bidang pada Dinas Sosial Palopo yang menangani Bansos, Ali yang dikonfirmasi Palopo Pos melalui telepon dan pesan WA, Rabu, 15 Maret 2023 lalu, tidak memberi merespon. Namun informasi dari pihak Dinsos menyebutkan, agar hal tersebut dilaporkan ke pihak kelurahan. (ikh)

  • Bagikan