Tujuh Petahana DPRD Palopo Dipastikan Bertahan, Irwandi: Tunggu Hasil Pleno Penetapan

  • Bagikan
Warga menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024. (Foto Ricardo-JPNN)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TOMPOTIKKA--Hasil pemilihan legislatif DPRD Palopo pada Pemilu 2024 dipastikan didominasi wajah baru yang akan menghiasi parlement.

Sebanyak 25 anggota DPRD Palopo untuk periode 2024-2029 hanya tujuh diantaranya bakal bertahan. Mereka adalah, di Dapil 1 yang meliputi Kecamatan Wara dan Wara Utara yakni, Ely Niang (PAN), Dapil 2 meliputi, Kecamatan Wara Timur dan Wara Selatan yakni, Cendrana Saputra (Demokrat), Harisal A Latif (Golkar), dan Nureny (Gerindra).

Dapil 3, Kecamatan Sendana, Mungkajang dan Wara Barat yakni, Abdul Salam (Golkar) dan Jabir (PDI Perjuangan).

Dapil 4, meliputi Kecamatan Bara dan Telluwanua yakni, Aris Munandar (Hanura).

Sementara, ada beberapa anggota DPRD Palopo yang memilih bersaing di Pileg tingkat DPRD Sulsel yakni, Baharman Supri, Hj Nurhaenih (Golkar), Dahri Suli (PKB), Budirani Ratu (Gerindra), Efendi Sarapang (Nasdem), A. Herman Wahidin (PDIP) dan Herawati Masdin (PAN).

Adapun wajah baru hasil perolehan sementara. Dapil 1 yakni, Awaluddin Saruman, Anita Oktaviana (Golkar), Aldhy Rivaldi (Nasdem), Chandra (Gerindra) dan Alfri Jamil (PDIP). Sementara, kursi ke tujuh atau kursi terakhir di Dapil ini masih misterius. Beberapa Parpol yang masih berpeluang seperti, Demokrat, PPP dan Golkar.

Kemudian, Dapil 2 yakni, Umar (Nasdem), AKP Purn. Siliwadi (PAN), Bastam (PKS), Irfan Nawir dan AM. Tazar (PDIP).

Dapil 3, Darwis (Nasdem) dan Elizabet Zakaria (Golkar).

Dapil 4 yakni, Sadam (Golkar), Chairil Natsir, Rusmini (Nasdem)  Bata Manurung (Demokrat) dan Taming (Gerindra).

Ketua Golkar Palopo, Rahmat Masri Bandaso mengatakan jika perolehan 6 kursi di 4 Dapil sudah pasti. Sementara, untuk Dapil 1, partai Golkar juga masih berpelung untuk meraih kursi ke tiga di internal Golkar.

"Posisi Golkar Dapil 1 menguat menyabet kursi ke tujuh. Sementara Dapil lainnya, sudah kita pastikan Golkar meraih kursi seperti, Dapil, dua kursi, Dapil 3, satu kursi dan Dapil 4, satu kursi," ucap RMB.

Ketua KPU Palopo, Irwandi Jumadin, 18 Februari 2024 mengatakan, saat ini pihaknya melaksanakan proses rekapitulasi tingkat Kecamatan. KPU juga belum dapat memastikan peraih kursi DPRD Palopo.

"Proses rekapitulasi sementara berlangsung. Untuk memastikan siapa yang terpilih kita tunggu hasil pleno dan penetapan," katanya. (rul)

  • Bagikan