Wartawan Rakyat Sulsel Juara Lomba Karya Jurnalistik se-Sulsel yang Diinisiasi Abang Fauzi, Palopo Pos Juara Harapan

  • Bagikan

NAMPAK pemenang juara karya jurnalistik yang diinisiasi oleh anggota DPR RI, Muhammad Fauzi saat foto bersama. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR--
Lomba karya jurnalistik yang diinisasi anggota DPR RI, Muhammad Fauzi, menetapkan para juara.

Pengumuman para juara itu dilaksanakan di Hotel Claro, Makassar, 1 Desember 2022.

Adapun para juara adalah wartawan Rakyat Sulsel, Rahman dengan judul Mengukur Janji, Mengukir Legasi, juara kedua, Adnan Husain dengan judul Muhammad Fauzi Mengabdi Tanpa Batas, dari Serambi Mekah Hingga Tana Luwu.

Untuk juara ketiga adalah Aziz dari Tribun Makassar dengan judul tulisan Salurkan Bansos Tanpa Henti.

Sementara juara harapan masing-masing Idris Prasetiawan (Palopo Pos) dengan judul tulisan Muhammad Fauzi Wujudkan Mimpi Warga Miskin di Tana Luwu, disusul Jusriadi dari FAJAR.CO.ID Muhammad Fauzi, Pantang Mengumbar Janji Tanpa Bukti, dan Arya Wicaksana (kabarnews) menyajikan tulisan Cerita dari Penjual Nasi Kuning.

Para pemenang ini mengalahkan puluhan jurnalis yang ikut dalam lomba karya tulis jurnalisitik tersebut.

Menurut Panitia Lomba, Ardi Akas, lomba tersebut diikuti sebanyak 48 jurnalis
se-Sulawesi Selatan.

Menurutnya, yang mengirim naskah tulisan ada 51 jurnalis. Tapi, setelah verifikasi oleh panitia, hanya 48 peserta dengan jumlah tulisan 53 yang dinyatakan memenuhi syarat dan lanjut ke proses penjurian.

Dewan Juri yang diwakili Fachruddin Palapa mengungkapkan, ada lima kriteria penulisan, di antaranya akurasi berita, orisinal tulisan, kedalaman dan kelengkapan materi, gaya penulisan, dan judul tulisan menarik dan objektivitas.

Sementara itu, Anggota DPR RI Muhammad Fauzi mengucapkan terima kasih atas antusiasme yang tinggi dari jurnalis se-Sulsel.

“Saya mengikuti beberapa tulisan yang masuk dan tak menyangka lomba ini menarik minat serius teman-teman jurnalis di Sulsel,” kata Abang Fauzi panggilan akran Muhammad Fauzi.

Suami dari Bupati Lutra Indah Putri Indriani ini berharap, lewat lomba menulis ini, dirinya juga dapat menyosialisasikan berbagai kegiatan yang dilakukannya di DPR RI.

''Yah, ini bentuk pertanggungjawaban ke masyarakat Sulsel khususnya konstituen di Dapil Sulsel III terkait apa saja yang telah diperbuat selama hampir satu periode jabatan,'' katanya.

Menurutnya, selain dimuat di media para jurnalis, pihaknya juga berencana untuk merangkum tulisan tersebut menjadi buku.

''Hanya saja akan diperkaya nantinya untuk menjadi catatan perjalanan di DPR RI dan bentuk pertanggungjawaban ke masyarakat terkait kinerja kami selama ini,” jelasnya.

Lomba ini sendiri melibatkan para jurnalis senior sebagai juri. Mereka adalah, Fachruddin Palapa, Silahuddin Genda, dan Husain Rasyid. Total hadiah dalam lomba tulisan ini adalah Rp 30 juta.

Juara pertama mendapatkan Rp10.000.000, juara 2 Rp7.500.000, dan juara 3 Rp5.000.000. Sementara tiga orang juara harapan mendapatkan masing-masing Rp2.500.000. 

Nampak hadir pada penyerahan hadiah adalah mantan Ketua DPRD Sulsel Moh Roem, anggota DPRD Sulsel Arfandi Idris, dan beberapa kader Partai Golkar lainnya. (*/pp)

  • Bagikan